Minggu, 16 Oktober 2016

PROFESI IT

A. Jenis-Jenis Profesi IT

pada masa ini Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu industri yang berkembang sangat pesat. pekerjaan atau profesi dalam bidang teknologi informasi semakin meningkat juga. tergantung passion yang mereka miliki, seperti perangkat lunak ( software ), operasional system informasi, pengembangan bisnis Teknologi Informasi, perangkat keras ( hardware ), dan masih banyak lainnya.
ada banyak jenis juga profesi IT :
  • Sistem analis, orang yang  bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan.

  • Programmer, orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, seperti membuat program atau aplikasi system.

  • Web designer, orang yang melakukan kegiatan perencanaan terhadap suatu proyek berbasis web.

  • Web programmer, orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.

  • Technical engineer, orang yang bertugas dalam bidang teknik dalam perangkat system computer.

  • Networking engineerorang yang bertugas dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

  • EDP Operator (electronic data processing), orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan proses elektronik data.

  • System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.

  • Mis Director (management information system)  , orang yang bertugas memiliki suatu wewenang paling tinggi terhadap sebuah system informasi.

  • dan lain-lain.

B. Job description (jobdesk) atau uraian jabatan/job atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas.

contoh dari Job Desc :

1. Manajer Umum/utama (General Manager), orang yang memiliki wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan yaitu memimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Manajer Pabrik (Factory Manager), orang yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan mengambil tindakan untuk kelancaran jalannya proses produksi. 
adapun bagian dari manajer pabrik dibagi menjadi 4, yaitu :

  • Supervisor Produksi (Production Supervisor), bertugas menyediakan kebutuhan sarana dan fasilitas kerja sesuai dengan persyaratan.
  • Manajer Teknik (Manager Technical), bertugas merencanakan, mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan teknik sehingga dapat menjamin kelancaran operasional mesin produksi dan sarana penunjang. 
  • Manajer Gudang (Warehouse Manager), bertugas merencanakan dan mengendalikan kegiatan pergudangan, seperti keamanan, keakurasian jumlah dan kebutuhan barang yang dikelola, dengan melaksanakan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan manajemen. 
  • Supervisor PPIC, bertugas merencanakan jadwal produksi dan mengendalikan pengadaan bahan baku (Raw Material)/RM dan barang jadi (Finish Good)/FG. 

3) Manajer Pengembangan dan Pengawasan Mutu Produk (Branch Process Development and Quality Manager), orang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam memeriksa bahan baku, bahan tambahan, produk jadi, dan bahan pengemas. Mengawasi analisa kualitas produksi, bertanggung jawab atas kelengkapan laboratorium untuk analisa dan pengembangan produk. 

ada pun dibagi 2 manajer pengembangan dan pengawasan mutu produk :
  • Supervisor Pengawasan Mutu Proses (Quality Control Process Spv), bertugas membantu BPDQC  dan memantau mengendalikan dalam hal sistem pengendalian mutu proses produksi.
  • Supervisor Pengawasan Mutu Bahan Baku/Produk Jadi (Quality control Raw Material/Finished Good Spv), bertugas membantu BPDQC dalam hal pengendalian mutu RM & FG serta pengembangan proses produksi dan melakukan pengawasan secara langsung terhadap proses Incoming Quality Control (IQC), memantau, mengevaluasi standar mutu yang telah ditetapkan.

4) Manajer Keuangan (Finance and Accounting Manager), bertugas dan bertanggung jawab merencanakan, menyiapkan budget danplanning (AOP) untuk menentukan tujuan yang harus dicapai.

5) Manajer Personalia (Branch Personnerl Manager), bertugas merencanakan, mengkordinir, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan kepersonaliaan yang meliputi hubungan industrial, administrasi kepegawaian, keamanan, kehumasan, dan pelayanan umum .

6) Manajer Pemasaran (Areaa Sales and Promotion Manager), bertugas tanggung jawab dalam mengkoordinir distribusi produk ke daerah pemasaran, melakukan tugas penjualan dan permintaan produk, menyiapkan rencana penjualan dan permintaan produk, merencanakan dan membuat rancangan promosi, serta membuat rencana penjualan dan permintaan produk.

7) Purcashing Office, bertugas dalam menetapkan dan memelihara prosedur pembelian untuk mengendalikan aktifitas pembelian, mengesahkan dokumen pembelian sebelum dokumen dikirim ke pemasok dan memilih serta mengevaluasi pemasok yang telah ditetapkan.

sumber : 1. http://etikprofesibsi.blogspot.co.id/
               2. http://seputarberitapendidikan.blogspot.co.id/2014/05/contoh-job-description.html

Nama    : Nabilla Eka Swadati
Npm     : 14115892
Kelas    : 2KA30

          TUGAS SOFTSKILL = ARBI PRAMANA

0 komentar:

Posting Komentar